Fakta Mengenai Madu & Lebah

Apa Itu Madu?Madu adalah makanan yang manis dan lengket yang dibuat oleh lebah. Pada musim panas lebah pekerja terbang dari bunga ke bunga mengisap cairan manis yang disebut nektar dengan lidahnya yang panjang seperti pipa. Lebah ini hinggap pada beribu-ribu bunga tiap hari dan menempuh jarak puluhan kilometer. Seekor lebah yang menemukan bunga yang penuh dengan nektar akan kembali ke sarangnya. Kemudian dia menari-nari di udara. Gerakannya ini memberi tahu lebah-lebah lain tempat bunga-bunga yang terdapat banyak nektar.

Lebah membawa nektar kembali ke sarang dalam kantong madunya. Nektar dalam kantong madu ini beratnya dapat mencapai setengah kali berat lebah sendiri.

Jenis MaduMadu memiliki banyak ragam dan jenis, sesuai dengan bunga yang nenjadi sumbernya. Lebah terkadang mengumpulkan cairan bunga dari ribuan kuntum bunga yang jenisnya berbeda-beda. Madu yang berasal dari satu jenis bunga saja, atau berasal dari satu jenis bunga yang dominan sebagai sumber madu. Di banyak negara, beberapa jenis madu sering dicampur untuk mengubah kandungan airnya atau untuk mengubah warnanya. Warna madu berbeda-beda, dari yang kuning jernih sampai yang berwarna kehitam-hitaman. Para ilmuwan tidak tahu persis penyebab perbedaan warna tersebut. Ada yang mengatakan penyebabnya zat warna caroteriodes yang terdapat di dalam tanaman dan ada yang mengatakan adanya asam tanic. Biasanya, warna madu mengikuti tanaman yang menjadi sumbernya.  Saat ini ada beberapa macam madu, sebagai berikut:

LebahPaling sedikit ada 10.000 macam lebah. Yang paling terkenal adalah lebah madu dan tawon besar. Lebah-lebah ini menghasilkan lilin dan madu.

Lilin tawon lebah dipakai untuk membuat berbagai barang seperti lilin, krem muka, dan boneka lilin. Madu adalah makanan bagi lebah. Orang pun sudah makan madu sejak ribuan tahun yang lalu.

Lebah madu dan tawon besar tinggal bersama dalam kelompok besar yang disebut koloni. Satu koloni lebah madu dapat terdiri dari 30.000 sampai 80.000 ekor. Dalam koloni terdapat banyak pekerja,tetapi hanya ada seekor ratu. Satu koloni tinggal dalam sebuah sarang. Lebah biasanya membuat sarang dalam pohon berlubang atau dalam gua. Lebah pekerja membuat sarang dari lilin.

Madu VS GulaApa yang membedakannya?

Kedua pemanis mengandung glukosa dan fruktosa. Namun gula, dalam proses manufakturnya, asam organik, protein, unsur nitrogen, enzim dan vitamin dalam tebu rusak, sedangkan madu, pemanis alami, hanya mengalami pemanasan yang minimal. Selain itu, madu memiliki antioksidan tertentu yang menguntungkan serta sifat anti bakteri yang tidak ditemukan pada gula.

Berikut ini adalah tiga fakta gizi madu yang akan membuat Anda merasa lebih baik mengkonsumsi madu:

Daftar Harga

Link-Link Menarik

PT Intisumber Berkat Sejahtera
Airocide Air Purifier & (Naoclean) NaOCl Generator Machine Distributor

Shijima Restaurant
Japanese Restaurant, Japanese Comfort Food at Its Finest | Surabaya - Jawa Timur - Indonesia

Kapur Tulis Cap Segitiga NMK
Kapur tulis bebas debu, tersedia putih dan berwarna

DYNALUX
Pabrik Lampu LED Hemat Energi & Pasang Solar Cell / Panel Surya

PT Anugerah Bestarijaya Raya
Hakko & Beckhoff Authorized Distributor in Indonesia